Layout Base TH9 Terbaik 2024

Apakah akun COC kamu udah mencapai TH9? Kalau iya, selamat ya! Pasti gak mudah melalui banyak rintangan. Tapi bukan berarti kamu bisa bersantai sekarang, lho. Karena semakin tinggi level kamu, semakin banyak rintangan yang bakal kamu lalui. Dan pastinya kamu tetap mau naik level, kan? Gak mungkin dong, kamu mau terus ada di TH9 COC.

Makanya, kamu harus perbarui strategi kamu juga. Salah satunya adalah dengan cara merombak layout base kamu supaya lebih kuat dan efektif menahan musuh. Di artikel ini, kita udah siapin beberapa layout base terbaik untuk akun COC kamu yang udah TH9 di COC.

Oh iya, sebelumnya, ada baiknya kamu tentuin dulu nih, mau pakai base kamu buat apa sebagai tujuan utamanya. Contohnya, apakah kamu mau bangun base untuk perang, mencegah lawan farming, atau pertahanan? Atau malah buat seneng-senengan aja? Tapi apapun itu tujuan kamu, tenang aja, karena kita udah punya semua jenisnya di sini.

Layout Base TH9 untuk War #1

Untuk yang ini cukup mudah buatnya. Kamu tinggal buat satu kotak pakai Wall yang kira-kira ukurannya 10×10. Taruh Town Hall pas di tengahnya dan kelilingi Town Hall pakai berbagai macam objek pertahanan, misalnya Mortar, Hidden Tesla, Air Sweeper, dan semacamnya. Jangan lupa letakkan juga Clan Castle.

Lalu buat Wall membentuk kotak besar lagi mengelilingi Wall yang udah kamu buat di atas dan bagi kotak tersebut menjadi empat bagian. Di setiap bagiannya, taruh bangunan-bangunan yang menghasilkan dan menyimpan resource, contohnya Elixir Storage, Mine, Gold Storage, dan lain-lain.

Terakhir, di bagian paliing luar kotak tadi, buat empat kotak kecil lagi yang setiap kotaknya berisikan Archer Tower, Wizard Tower, dan objek pertahanan lainnya sesuai keinginan kamu.

Layout Base TH9 untuk War #2

Layout yang satu ini dijamin super duper efektif, tapi kamu harus persiapin Wall yang banyak lebih dulu. Coba bentuk Wall seperti tanda tambah di tengah-tengah, lalu isi dengan Town Hall dan alat-alat pertahanan serangan. Terus di sekeliling tanda tambah tadi, buat banyak kotak-kotak kecil lagi pakai Wall.

Pastikan kotak-kotak ini cuma bisa diisi satu sampai dua jenis bangunan aja, dan isi tiap kotak dengan alat-alat pertahanan yang kamu punya. Baru deh, di sisi luar semua Wall yang udah kamu bangun, kamu bisa taruh berbagai macam tempat pengumpulan dan pengoleksian sumber daya.

Layout Base TH9 untuk Anti Farming #1

Pada dasarnya, layout base anti farming ini dibangun supaya sumber daya yang udah kamu kumpulin gak hilang begitu aja diambil musuh. Ini artinya, kamu harus desain base kamu sedemikian rupa supaya bangunan-bangunan resource kamu terlindungi sekuat mungkin.

Salah satu caranya yaitu dengan membuat delapan kotak pakai Wall dengan pola mengkotak dan saling terhubung dengan Wall juga. Di tengah-tengah delapan kotak tadi, taruh Town Hall beserta bangunan-bangunan pertahanan seperti Wizard Tower dan lain-lain. Lalu isi setiap kotak dengan storage yang kamu punya, seperti Elixir Storage dan Gold Storage, dan juga bangunan pertahanan seperti Archer Tower. Terakhir, di sekeliling semua hal yang udah kamu bangun tadi, letakkan bangunan-bangunan yang jadi pengumpul resource seperti Gold Mine dan Elixir Collector.

Layout Base TH9 untuk Anti Farming #2

Kalau layout yang ini bentuknya cukup unik. Tapi kamu juga bisa buat versi kamu sendiri. Intinya adalah kamu  perlu buat satu kotak besar, tentunya pakai Wall, dan pastikan untuk sisakan ruang untuk membangun bangunan-bangunan di luar kotak tersebut.

Bagi kotak besar tadi menjadi empat baris. Lalu di setiap baris, kamu bisa beri sekat-sekat pakai Wall lagi. Khusus baris ketiga, biarkan apa adanya tanpa kamu perlu bangun sekat. Kamu bisa isi baris ketiga ini pakai Elixir Storage, Gold Storage, dan juga Clan Castle di tengah-tengah. Nah di kotak-kotak lainnya, sebaiknya kamu isi dengan bangunan pertahanan. Bebas apa saja yang menurut kamu paling efektif buat menahan lawan. Terakhir, taruh pengumpul sumber daya di sisi luar Wall besar yang udah kamu buat tadi.

Layout Base TH9 untuk Pertahanan #1

Nah, kalau fokus utama kamu adalah mempertahanin seluruh base kamu, ini salah satu yang bisa kamu lakukan. Simpel aja, sih. Pada layout jenis ini, kamu perlu buat tiga lapis wall berbentuk kotak. Di dalam kotak paling dalam, taruh Archer Tower, Hidden Tesla, dan bangunan pertahanan lainnya. Lalu di lapisan kedua, kamu bisa letakkan penyimpanan-penyimpanan yang kamu punya, contohnya Elixir Storage, Gold Storage, dan Dark Elixir Storage.

Di lapisan terakhir, bangun Gold Mine, Dark Elixir Mine, dan jangan lupa perintilan-perintilan bangunan pertahanan lainnya termasuk Wizard Tower. Terakhir, bangun Elixir Mine di sisi luar tiga kotak tadi. Selain tingkat pertahanan layout ini yang tinggi, base jenis juga bisa dibilang anti serangan udara.

Layout Base TH9 untuk Pertahanan #2

Seperti biasa, bentuk kotak menggunakan Wall. Kali ini kotaknya ada dua lapis ya. Di tengah-tengahnya, letakkan Town Hall, alat-alat pertahanan, dan juga Dark Elixir Storage. Di lapisan kedua, taruh penyimpanan resource dan bangunan-bangunan untuk pertahanan juga.

Habis itu, di sekitar Wall yang udah kamu bangun tadi, buat empat kotak Wall terpisah di sekelilingnya, sebar penyimpanan dan juga alat pertahanan. Terakhir, di luar semua kotak tadi, kamu bisa bangun pengoleksi resource.

Bonus: Layout-Layout Base Unik

Gak selamanya layout base harus serius. Bisa juga untuk seru-seruan atau isengin lawan. Ini, nih, contoh-contoh layout base yang unik yang bisa kamu bangun pas kamu udah TH9 di COC. Ada base bentuk ikan, base bentuk gajah, base bentuk hantu, base bentuk anjing, base bentuk kucing, dan masih banyak lagi. Sebenarnya, gak ada batasan dan aturan yang mengikat dalam membuat base. Jadi kamu bisa gunakan imajinasi dan kreativitas kamu sesuka hati. Bayangin reaksi lawan pas ngeliat base-base kayak begitu. Dijamin deh, mereka pasti kaget duluan.

Top Up Akun Clash of Clans Terpercaya

Udah siap pamerin base kamu? Eits, tapi sebelum membangun layout base baru, ada baiknya kamu pastiin dulu kalau kamu punya Coin, Gem, atau berbagai macam sumber daya lainnya yang cukup. Kalau ternyata belum cukup, gak perlu khawatir karena kamu bisa top up COC murah di U7BUY kapan aja.

Di saat kamu punya Coin dan Gem yang cukup, kan kamu bakal jadi lebih leluasa buat atur strategi, baik itu strategi serangan atau pertahanan. Kamu pun jadi gak segan-segan buat bangun base yang sesuai sama keinginan kamu. Semoga daftar layout base TH9 COC ini juga bisa bantu kamu jadi makin tak terkalahkan. Selamat bermain ya!