Panduan Survivor Rahasia yang gak ada di dalam game Identity V

Meski pun tutorial di dalam game udah ngejelasin berbagai dasar untuk bermain Identity V yang serem ini. Masih banyak mekanik dasar dari game ini yang belum sempet dijelaskan ke pemain atau jadi ketinggalan zaman karena game terus menambah fitur baru dan perubahan keseimbangan.

Nah, gara-gara itu, banyak pemain baru yang gak tahu apa yang sebenarnya harus mereka lakukan atau bahkan dasar-dasar game ini. Tapi tenang aja – banyak dari informasi ini bersifat strategis. Mungkin butuh waktu buat belajar semua ini, tapi setelah kamu paham, apa yang harus dilakukan bakal jadi lebih jelas.

Kalau kamu bingung gimana cara latihan, kamu bisa pakai mode “Single Training”. Cari mode ini di “Custom Script” dengan geser-geser opsi sampai nemu pilihan mode latihan, lalu tekan tombol merah buat main. Jangan lupa identity V top up paling murah hanya di U7BUY.

Dasar-Dasar Survivor yang Belum Diajarin di Tutorial

Apa itu Decoding? 

Decoding Cipher Machines adalah tujuan utama bagi survivor. Mereka harus mendekode setidaknya 5 dari cipher machine untuk membuka Exit Gate dan kabur. Kalau decoding-nya lambat, Hunter bisa punya waktu lebih banyak untuk mengeliminasi semua survivor.

Ada 7 Cipher Machines yang tersebar di peta di awal permainan, tapi kamu cuma perlu menyelesaikan 5 di antaranya. Disarankan agar kamu dan tim mendekode cipher machine secara terpisah supaya lebih efisien. Satu-satunya pengecualian adalah ketika menyelesaikan cipher machine yang terakhir.

Saat menyelesaikan cipher machine yang terakhir untuk membuka Exit Gate, kamu perlu berhenti mendekode saat cipher mencapai 99% dan segera menyelesaikannya kalau survivor terkena pukulan dari Hunter. Ini penting karena kebanyakan survivor membawa Borrowed Time yang bisa memberi mereka dorongan kecepatan 50% dan menyembuhkan mereka; ini memungkinkan mereka untuk mengalihkan perhatian Hunter lebih lama.

Decoding Exit Gates adalah tujuan akhir bagi survivor setelah semua 5 Cipher Machines selesai. Biasanya terletak di sudut peta. Setelah Exit Gates dibuka, kamu bisa akhirnya kabur dari peta.

Apa itu Kiting?

 Kiting Hunter sangat penting karena kamu perlu mengalihkan perhatian hunter selama mungkin supaya timmu bisa decoding dengan bebas. Survivor harus berhenti mendekode cipher machine dan siap untuk kiting kalau detak jantungnya berdetak cepat dan musik pengejaran mulai terdengar. Kalau kamu gagal kiting cukup lama, efisiensi decoding secara keseluruhan bakal berkurang drastis karena salah satu survivor perlu berhenti decoding untuk menyelamatkanmu.

Survivor harus mencari palet dan jendela untuk memperlambat hunter mengejar mereka. Mereka juga bisa menggunakan alat yang dimiliki karakter mereka untuk menunda hunter lebih lama tergantung situasinya.

Kalau kamu berhasil kiting hunter cukup lama tapi jatuh atau ditempatkan di Rocket Chair saat 1-3 cipher machine selesai, kamu udah melakukan pekerjaan yang bagus dengan membeli waktu untuk timmu dan membuang-buang waktu hunter. Gak peduli berapa kali kamu diselamatkan dari Rocket Chair, kamu harus tetap kiting hunter selama mungkin.

Hal yang paling penting adalah hindari kiting di area terbuka (kecuali Hunter jauh dari kamu), dekat Basement (area paling berbahaya untuk survivor karena penyelamatan dari sana sangat sulit), dan di tempat di mana temanmu sedang decoding karena itu memberi Hunter waktu lebih.

Apa itu Rescuing?

Rescuing adalah membantu teman yang sudah jatuh oleh Hunter untuk turun dari Rocket Chair. Ini penting karena menyelamatkan temanmu memaksa hunter untuk mengejar mereka dan memberi waktu lebih untuk decoding serta mencegah hunter mengeliminasi survivor untuk menjaga hasil seri atau kemenangan.

Ada situasi di mana rescuing gak dianjurkan, seperti kalau survivor jatuh terlalu awal di awal pertandingan, hunter memiliki Detention dan dekat dengan rocket chair, dan/atau kalau semua survivor dalam keadaan kesehatan rendah.

Apa itu Ping/Quick Message? Dan Apa itu Radar? 

Ngeping atau kirim quick message bisa dilakukan dengan mencet ikon balon di bagian kanan layar (atau pakai tombol yang sesuai di komputer guys), setelah itu pilih salah satu pesan yang sudah dipilih dari daftar yang ada. Komunikasi itu penting banget yah, karena memberi informasi ke rekan tim kita tentang apa yang kamu lakukan dan di mana kamu berada biar makin kompak.

Radar adalah lingkaran abu-abu di sudut kiri atas layar. Ketika survivor menggunakan quick messaging, itu akan ditampilkan sebagai balon bicara. Ketika hunter muncul dalam pandangan kameramu, mereka akan ditampilkan sebagai titik merah. Kamu bisa menggunakan ini untuk membantu menemukan hunter dan survivor, terutama di peta yang lebih gelap.

Selain itu, buff dan debuff yang memengaruhi kamu akan ditampilkan di sudut kiri atas di sebelah kanan radar. Ikon biru adalah buff yang menguntungkan untuk kamu, sedangkan ikon merah adalah debuff yang bisa membebani kamu dan timmu. Rawat dan selalu mainkan akun identity V kamu supaya makin jago yah.

Apa itu Stealth/Hiding? 

Stealth atau hiding berarti kalau hunter kehilangan pandanganmu, kamu bisa coba bersembunyi dari mereka dan buang-buang waktu mereka mencari kamu atau mendapatkan pelarian gratis jika hunter pindah ke area lain. Ini bisa berisiko karena tertangkap oleh hunter bisa menempatkan kamu dalam posisi yang merugikan kecuali kalau kamu sudah siap.

Hiding tidak disarankan di awal permainan karena tujuanmu adalah mengalihkan perhatian hunter dan membeli waktu untuk timmu decoding. Juga, kamu bisa memimpin hunter untuk mengejar survivor (seperti Mechanic) yang lebih baik decoding daripada kiting. Selain itu, mencoba bersembunyi saat dikejar tidak disarankan karena hunter bisa dengan mudah menemukanmu menggunakan jejak yang kamu tinggalkan kecuali mereka terganggu oleh temanmu.