Kembali ke Clash of Clans – Panduan Lengkap

Clash of Clans

Bab 1: Mulai dari Awal

Pas pertama kali main Clash of Clans, kamu bakal dapet tutorial. Perlu dicatet, kamu nggak harus ngabisin Gems yang disarankan, dan nggak perlu bikin pasukan Wizard buat ngelawan goblin. Setelah selesai dengan tutorial dan mulai paham cara mainnya, bakal ada beberapa masalah yang harus dihadapi.

Kamu bakal dapet perisai tiga hari yang mencegah pemain lain nyerang Clash of Clans base kamu. Ini penting banget buat naikin level Defensive Buildings dan Resource Buildings kamu supaya aman sebelum kamu bisa diserang. Sebagai persiapan kamu bisa top up COC di U7BUY buat persedian resource.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah upgrade Clash of Clans Elixir Collectors dan Gold Mines kamu ke level yang cukup tinggi. Kami sarankan setidaknya level 4 dulu. Ini bakal kasih kamu cukup sumber daya buat bertahan dalam waktu yang lama.

Setelah itu, cek storages kamu. Kamu punya maksimum dua storages untuk masing-masing sumber daya awalnya, yaitu Clash of Clans elixir dan gold. Sebaiknya, kamu upgrade kedua-duanya biar jumlah sumber daya kamu maksimal.

Jangan terlalu khawatir tentang upgrade Barracks dan Army Camp di tahap awal ini, karena mereka nggak bakal melindungi kamu dari serangan dan cuma berguna saat kamu menyerang balik. Tapi, usahakan Town Hall kamu sampai level tiga.

Contoh base dengan sudut yang nggak terlindungi.

Pasukan musuh bisa muncul di area merah. Begitu semua tugas ini selesai, fokuslah ke defensive buildings kamu. Kamu udah punya cannon dari tutorial, tapi selain itu, pertahanan pertama kamu harus yang paling penting, yaitu Walls. Gunakan semua walls di sekitar bangunan kamu, terutama yang paling berharga seperti storages dan Town Hall. Pastikan kamu bisa mengelilingi storages dan Town Hall sepenuhnya, tapi ingat juga bahwa musuh bisa spawn troops di sudut-sudut Clash of Clans base – nggak aman kalau ada bagian tanpa walls di sudut. Kelilingi base kamu dengan bangunan yang kurang penting untuk memperlambat penyerang dan upgrade walls kamu ke setidaknya level 2.

Saat kamu yakin Clash of Clans base kamu stabil, mulai upgrade Town Hall ke level 4 dan mulai bangun cannon dan archer towers. Ingat, jangan menyerang PvP untuk dapetin gold. Menyerang PvP bakal ngurangin durasi perisai kamu sampai tiga jam atau lebih setiap kali. Sebelum upgrade ke Town Hall level yang lebih tinggi, ada baiknya max out mines dan collectors kamu karena mereka bakal dapet boost saat Town Hall di-upgrade. Upgrade pertahanan kamu sebanyak mungkin dan kumpulin gold buat dapetin mortar secepatnya. Tempatkan Mortar dekat Town Hall dan storages di walls kamu dan terus upgrade mereka. Kamu pengen pasang sebanyak mungkin defensive buildings di dalam walls sambil menjaga yang kurang berguna di luar Clash of Clans base. Tapi ingat, jangan terlalu menjejalkan semua pertahanan ke dalam layer walls. Misalnya, tempatkan Town Hall di layer walls tersendiri. Lalu tempatkan storages di layer walls mereka sendiri. Kemudian, pasangkan, misalnya, archer tower dan cannon, dan beri mereka layer walls sendiri. Terus upgrade walls dan turrets kamu, dan kamu siap menghadapi dunia.

Bab 2: Raid Pertama Kamu

Karena perisai tiga hari kamu adalah berkah, nggak disarankan buat memecahkannya terlalu cepat dengan menyerang. Begitu waktu perisai habis secara alami, kamu siap untuk mencari trophies dan sumber daya.

Menyerang melibatkan tiga bagian dasar yang dibahas mendalam di sini; mereka akan dijelajahi lebih lanjut saat diterapkan pada level yang lebih tinggi. Kalo kamu gak ada waktu buat naikin level, bisa mempertimbangkan beli akun COC dengan Town hall level tinggi.


Komposisi Pasukan

Di level yang lebih tinggi, komposisi pasukan jadi bagian penting dari strategi. Berdasarkan tipe base yang bakal kamu temui di awal, kami sarankan pasukan sederhana yang cuma terdiri dari Barbarians, dan jika masih ada, Wizards dari tutorial. Ini seharusnya membantu memastikan kemenangan melawan siapa pun dengan walls yang buruk dan mortars yang terpapar.

Sebelum memulai pertempuran, ada baiknya melatih pasukan tambahan di Barracks. Saat kamu selesai menyerang, mereka kemungkinan besar sudah siap.

Memilih Base yang Sempurna

Di level awal, kamu bisa pilih-pilih siapa yang mau diserang. Banyak orang yang mulai main game ini dan lalu quit dengan cepat (disebut inactives), jadi kamu bisa cari Clash of Clans base yang terbaik. Idealnya, kamu mau base yang bisa kamu 3-star buat dapetin banyak Trophies agar naik ke level pemain yang lebih aktif.

Cari base dengan walls yang buruk atau nggak ada sama sekali dengan Town Hall yang terpapar dan pertahanan yang lemah. Di level awal, coba juga cari base dengan mortars yang terpapar yang bisa kamu hancurkan dengan mudah. Akhirnya, kamu pengen cari base dengan jumlah sumber daya dan trophies yang bagus, yang bisa kamu lihat stats-nya di sisi kiri saat scoping base. Menang dalam pertempuran seperti ini bakal memulai perjalananmu menuju puncak leaderboard.

Strategi

Strategi adalah topik yang hampir tanpa akhir – ada banyak variasi teknik serangan. Tapi, ada satu strategi pemula yang selalu berhasil. Di awal pertempuran, singkirkan mortar dulu, atau splash damage-nya bakal hancurin barbarians kamu dengan mudah. Ingat bahwa Mortar punya “blind spot” di mana dia nggak bisa nembak; spot ini adalah radius 3-tile di sekelilingnya. Kalau Barbarians kamu berhasil masuk ke blind spot itu, mereka bakal aman dan bisa hancurin mortar tanpa takut diserang. Setelah itu, spam semua Barbarians yang tersisa dan mereka bakal beresin sisa base.

Saat menyerang mulai jadi lebih sulit, kamu bisa tambahkan Archers dalam pasukan campuran kamu guys. Semoga berhasil membangun markas terbaik!